Rabu, 08 Mei 2013


blora_Pilgub-Panwaslu-Pemkab-Polres-Cek-Surat-Suara-02
GUDANG KPU : Tim gabungan dari Polres, Desk Pemilukada dan Panwaslu saat sidak gudang logistik KPU di Jl Kartini, Kota Blora. [Foto: Wahono]
BLORA –  Tim gabungan dari Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu), Kepolisian Resor (Polres) dan Desk Pemilukada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, Selasa (7/5), melakukan inspeksi mendadak (sidak) logistik Pilgub Jateng 2013 di Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.
Tim sidak yang terdiri Ketua Panwaslu Wahono, Kabag Ops Polres AKP Welly S, Desk Pemilukada (Kabag Tata Pemerintahan) Sekretariat Daerah (Setda) Blora Sugiyono dengan didampingi anggota masing-masing, adalah mengecek kesiapan KPU dalam persiapan logistiknya.
Tim mengecek surat suara yang sudah rampung dilipat dan dimasukkan dalam kardus ditumpuk rapi dalam satu ruangan gudang. Selain itu, dicek pula logistik surat undangan pemilih untuk mencoblos pada 26 Mei 2013 dan bilik suara yang mulai distribusikan ke kecamatan-kecamatan.
“Ini mulai nyicil kirim sebanyak 704.896 surat undangan pemilih dan bilik suara, pengiriman terbagi dalam dua tim untuk Blora barat dan timur,” jelas Sekretaris KPU Kabupaten Blora Suharto.
2,5 Persen
Dia menjelaskan, pelipatan surat suara berlangsung lebih cepat dua hari, dan segera ditata berdasar tempat pemungutan suara (TPS), sedangkan hasil sortir surat suara yang ditemukan rusak karena sobek dan sebab lain hanya sebanyak 168 lembar.
“Dari total 722.518 surat suara rusak, kami temukan yang rusak hanya 168 lembar,” jelasnya kepada Ketua Panwaslu Kabupaten Blora, Wahono.
Menurut Suharto, logistik Pemilihan Umum Geburnur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah untuk 704.896 pemilih di Kabupaten Blora, mendapat tambahan 2,5 persen sehingga kiriman yang diterima KPU 722.518 eksemplar, cadangan sebanyak 17.622 eksemplar diamankan khusus di KPU.
Tim sidak gabungan menyatakan tidak ada kendala dalam hal logistik, Namun untuk pengiriman dan pengamanannya, akan dilakukan koordinasi dengan pihak terkait saat pengiriman, agar  logistik pilgub yang sudah sampai di desa-desa/kelurahan atau TPS terjaga keamanannya.
“Polri siap amankan Pemilu, termasuk logistiknya bersama jajaran lain, intinya Pilgub di Blora harus berjalan aman, tertib dan jujur,” tandas Kabag Ops Polres Blora AKP Welly S.
(Sumber :  info blora.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar