Rabu, 19 Oktober 2011

PENDIDIKAN PEMILU BAGI GURU PKN

Salah satu tugas Komisi Pemilihan Umum adalah melaksanakan kegiatan Sosialisasi peningkatan peran serta masyarakat dalam Pemilu dan pemilukada melalui pendidikan pemilih agar menghasilkan pemilu yang berkualitas.

Untuk menekan angka Golput dan menumbuhkan tingkat partisipasi dan tingkat kepercayaan masyarakat, terutama kepada pelajar sebagai pemilih pemula. KPU kabupaten Blora sebagai lembaga penyelenggara Pemilu kabupaten mengadakan workshop “Peningkatan Peran Serta Masyararakat Dalam Pemilu dan Pemilukada Melalui Pendidikan Pemilih Pemula” pada tanggal 6 Oktober 2011.

 “Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pemilukada ” jelas Moesafa S.Fil.I, Ketua KPU Blora. Hadir sebagai narasumber Kepala Bagian Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Marsono MPd, Kasi Madrasah dan Pendidikan Agama (Mapenda) Kemenag Blora Drs. H. Parmono, MPdI dan anggota KPU Blora, Siti Ruhayatin.


Marsono dalam paparannya mengarahkan kepada peserta workshop untuk mampu memberikan pengetahuan kepada peserta didiknya, “Peran sebagai pendidik juga mampu untuk menyampaikan arti demokrasi dan proses demokrasi tersebut”

Bertempat di Hotel Kencana, Blora pelaksanaan sosialisasi yang diadakan KPU Kabupaten Blora yang diikuti oleh para guru PKn SLTA, sebanyak 40 peserta dari SLTA dan sederajat se- kabupaten Blora. Para peserta sangat antusias terhadap workshop dan berharap akan terus diadakan acara semacam ini “Kami sangat mengapresiasi workshop semacam ini, karena banyak hal mengenai Pemilu yang ditanyakan oleh siswa kami” ujar Rustam, guru SMA Muhammadiyah Blora.

Siti Ruhayatin,anggota KPU Blora lebih banyak memaparkan tentang arti penting pemilu hingga hasil Pemilu tahun 2009 “Yang perlu diketahui oleh generasi muda sebagai pemilih pemula adalah bagaimana agar mereka menyumbangkan hak pilihnya dengan cerdas dan cermat sehingga terwujudnya demokrasi”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar